Warga Kota Cantik Panik Akibat Gempa di Kalsel

Mantis Aprigo

KOTA PALANGKA RAYA, TMNews

GEMPA bumi yang terjadi Selasa, 13 Februari 2024 yang melanda Kalimantan Selatan (Kalsel) sekitar pukul 08:22 WIB turut dirasakan oleh warga Kota Cantik Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

Getaran gempa sempat membuat panik masyarakat, karena getaran dirasa cukup kuat dan membuat sejumlah perabotan rumah warga turut bergoyang.

“Saya pas duduk di depan rumah. Terasa rumah bergoyang, saya kita angin kencang, ternyata gempa,”ucap Mantis Aprigo, warga Kota Palangka Raya, kepada TransMediaNews, Selasa (13/1/2024).

Senada Desi, salah satu ibu rumah tangga yang tinggal di kawasan Jalan G.Obos Palangka Raya juga mengaku merasakan gempa yang terjadi.

“Sempat panik juga. Baru kali ini merasakan gempa,”tuturnya.

Sementara itu, Stasiun Meteorologi Klimatologi Kelas I Tjilik Riwut Palangka Raya membenarkan adanya guncangan dampak Gempa.

“Gempa berkekuatan magnitudo 4,5 dengan kedalaman 10 kilometer terjadi pada pukul 08.22 WIB. Getaran gempa dirasakan sekitar 2 hingga 3 detik di Palangka Raya. Ini karena gempa terjadi di daerah sesar aktif di Kalimantan Selatan (Kalsel),”terang Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Tjilik Riwut Agung Sudiono.

Ia mengatakan gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Akan tetapi, ia mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti arahan dari pihak berwenang di masing – masing daerah.

Hingga saat ini pihaknya masih melakukan pengolahan data untuk analisis lebih lanjut.

Dipastikan juga bahwa pihaknya terus memantau perkembangan gempa dan berkoordinasi dengan bagian gempa bumi realtime BMKG Republik Indonesia.

Dia juga mengimbau agar masyarakat Kota Palangka Raya untuk tidak panik dan menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa tersebut. (R-1).